Yang Original Saja

Beberapa hari ini mungkin menjadi hari yang menyedihkan bagi sebagian blogger yang mencari pendapatan melalui blognya. Google baru-baru ini melakukan banned akun adsense beberapa blogger.

Sepanjang tahun 2011 ini Google telah dua kali memberi kejutan. Sejak Google Panda muncul para blogger semakin berhati-hati dalam mengelola blognya. Terlebih yang menggunakan blog sebagai sumber pendapatan uang melalui Adsense. Sebelumnya Google telah melakukan pemblokiran terhadap domain co.cc. Dan sekarang melakukan banned terhadap beberapa akun adsense.

Terlepas dari alasan Google yang belum diketahui oleh blogger mengapa akun mereka di banned, coba kita pikir lagi tentang apa yang telah kita lakukan. Apakah kalian ngeblog sudah dengan cara yang baik atau melakukan segala cara agar blog kalian menghasilkan?

Bukan sesuatu yang salah jika seseorang menginginkan blognya dapat menghasilkan uang. Namun apakah sudah terisi dengan konten yang bagus? Bukan sekedar copy-paste dari blog lain?

Memang tidak semua blogger melakukannya dengan cara “hitam”. Namun marilah sebagai blogger yang turut menyebarkan informasi yang berguna untuk masyarakat luas buatlah karyamu original. Original bukan berarti tidak boleh menuliskan tema yang sama. Namun, tema yang sama bisa ditulis dengan cara dan gaya bahasa kamu sendiri. Buat tulisan itu original.

Well, keep writing and happy blogging! 🙂

1 Comment

Add yours →

  1. iya, bener banget, emang musti yang white2 sekarang. tapi itulah, apapun celah yang ditutup google, pasti ada saja yang membukanya. hehe.

Leave a Reply