Jadi, kamu kira saya ketinggalan zaman karena baru minggu kemarin mencoba arung jeram?

Jangan salah.

Jauh sebelum kamu dan kamu tahu soal arung jeram sungai Elo saya sudah lebih dulu menjelajahi jeram-jeram itu. Tidak bercaya? Begini ceritanya.

Usai pelajaran di sekolah, pada hari-hari tertentu saya dan kawan-kawan akan bermain di sungai Elo. Waktu itu saya masih tingkat 2 atau 3 di Sekolah Dasar. Ada sebuah mata air tidak jauh dari Elo. Air dari mata air itu dialirkan ke sebuah bambu sehingga membentuk sebuah pancuran. Kami biasa mandi di pancuran itu. Airnya dingin dan jernih. Sesekali kami akan berlomba melompat ke Elo. Menghempaskan tubuh kecil kami ke permukaan air. Jarak ujung tebing dengan permukaan air sekitar 2 meter. Cukup tinggi untuk ukuran badan kami waktu itu.

Geli sebenarnya jika mengingat-ingat kejadian arung jeram di Elo waktu itu. Kami tidak mengarunginya dengan boat karet. Lalu pakai apa? Pohon pisang!

Well, lain kali akan kuceritakan bagaimana serunya kami mengarungi Elo dengan pohon pisang.

Rafting Sungai Elo Magelang

Rafting Sungai Elo Magelang

Saat ini sudah banyak sekali operator arung jeram di Magelang. Harganya pun beragam. Mulai dari IDR 600K sampai IDR 1.500K bergantung jasa operator yang dipakai. Ada 3 jenis rute untuk wisata arung jeram di Magelang. Rute sungai Elo, sungai Progo atas dan Progo bawah. Biasanya perbedaan harga dalam satu rute adalah bergantung menu makanan yang ditawarkan. Untuk fasilitas boat dan keperluan arung jeram lainnya saya kira relatif sama.

Ada 2 operator arung jeram yang menurut saya paling bagus rest areanya dibanding dengan yang lain. Citra Elo dan Paradise Bali Rafting. Keduanya memiliki rest area yang nempel dengan Elo. Pemandangan yang rafting banget untuk santap makanan usai mengarungi Elo. Juga disediakan area untuk outbond oleh kedua operator tersebut.

Paradise Bali Rafting saya pilih untuk menemani rafting minggu lalu bersama kawan-kawan kantor. Pertimbangan pertama kenapa memilih Paradise dibanding Citra Elo yang jauh lebih senior di Magelang tentu soal harga. Paradise saya dapat dengan harga IDR 650K per boat dengan maksimal peserta 6 orang per boat. Sedangkan Citra Elo memberi harga IDR 750K dengan maksimal 5 orang per boat.

Baik Citra Elo maupun Paradise sebenarnya sama saja; sama-sama mengarungi Elo yang sama. Jadi kualitas jeram bisa dipastkan sama saat mengarungi dalam waktu bersamaan. hehe!

Jadi, kapan kamu akan ke Magelang untuk mencoba rafting?