Tentang Ke-Jogja-an Jogja

Akhir-akhir ini pembangunan gedung bertingkat di Jogja makin banyak. Gedung-gedung baru yang entah untuk apa bermunculan  memberi warna lansekap berbeda dari sebelumnya. Bisa jadi itu akan jadi pusat perbelanjaan, perkantoran, perhotelan atau semacamnya.

Keheterogenan sangat kental di kota ini mengingat ribuan pelajar dan pekerja dari berbagai penjuru ada disini. Mereka memberi pengaruh pada perkembangan kota ini dengan membawa budaya asal masing-masing. Budaya desa dan budaya kota.

Mereka yang membawa budaya desa dengan bergaya hidup sederhana, ramah menyapa akan memberi kekuatan lebih untuk menjaga ke-jogja-an Jogja.

Saya khawatir pada

Mereka yang datang dengan membawa budaya barat lebih dominan membuat pergeseran gaya hidup sederhana menjadi konsumtif. Jika gedung-gedung yang baru dan akan dibangun bertujuan untuk hal itu, saya khawatir Jogja menjadi kota metropolitan yang kehilangan ke-jogja-annya.

4 Comments

Add yours →

  1. saya jg takut mas jogja jadi kurang #istimewa

  2. Stephanus Christiono

    December 6, 2013 — 8:07 am

    Saya setuju sama mas arif. Apalagi di daerah kota, dimana-mana isinya hotel baru, tingkat semua.. Terus lama2 Jogja semakin panas. Panas Hawanya, Panas emosinya… hehe

  3. Konsekuensi kota gede, harus siap diacak-acak orang.

Leave a Reply