Sentilan Tuhan Dari Tragedi Gunung Merapi

Beberapa hari yang lalu berita di TV tengah gencar-gencarnya mengabarkan keadaan gunung Merapi yang  dalam status awas. Sampai artikel ini ditulis pun status Merapi masih belum diturunkan dari ‘awas’.  Erupsi terbesar yang terjadi pada Kamis, 4 November 2010, dini hari mengakibatkan sebagian wilayah Magelang dan beberapa wilayah Yogyakarta tertutup abu.

merapi

merapi

Dalam radius 20 km dari puncak Merapi, wilayah Magelang mendapatkan porsi lebih banyak terkena hujan abu dan pasir. Erupsi yang terjadi kamis malam itu memporak-porandakan Megelang. Rumah saya yang berada sekitar 25 km dari puncak Merapi tak luput dari muntahan material itu.

Tragedi Merapi ini tak sedikit memakan korban jiwa. Bahkan, seorang juru kunci ditemukan meninggal dengan posisi bersujud.

Orang-orang mengungsi ke tempat yang lebih aman. Di sekitar rumah saya terdapat beberapa posko pengungsi. Banyak teman-teman mahasiswa yang ikut membantu dengan menjadi relawan.

Tragedi kali ini bukanlah sebuah azab. Saya yakin ini adalah ‘sentilan’ dari Tuhan agar kita lebih berbenah. Kalau ada yang mengatakan  meletusnya Merapi  kali ini dikarenakan akan menghancurkan keraton Yogyakarta , menurut saya tidak. Bukankah jauh sebelum manusia ada, kerajaan ada, peradaban ada, Merapi telah meletus-letus?

30 Comments

Add yours →

  1. ya, I agree with you.
    merapi adalah makhluk. ia bisa bergerak, berbicara, dan bahkan marah atas izin Allah.

    sebesar gunung itu, tak ada apa-apanya dibandingkan kebesaran Allah..
    semangat ALLah akbar

  2. Allah menunjukkan kuasanya dan memberi kita peringatan agar tak lupa pada kekuasaan Nya

  3. aku pun setuju
    gimana keadaan rumahmu dan keluarga rif?

  4. semoga kita semua merasa tersentil dengan letupan merapi dan gunung2 berapi lainnya,,
    kondisinya baik2 ajakan Rif…

  5. Pada prinsipnya, korban bisa dikurangi jika saja kesadaran akan bahaya merapi lebih tinggi.

  6. semoga kita bisa lebih dekat dengan Tuhan Semesta Alam.

  7. ya, agar selalu ingat menjaga kelestarian alam semesta beserta isinya.

  8. Semoga kita selalu mengingati diri betapa lemah dan hina kita di hadapan Tuhan Sekalian Alam. Jangan coba melawan kuasa Tuhan. Sadar diri bahawa kita ini siapa ?

    Semoga Arif dan keluarga semuanya baik2.
    Salam indah hari ini dari Indahkasihku buat Arif.

  9. Dalam setiap musibah itu terdapat penghapusan dosa, ada peringatan agar tidak lalai, ada tawaran untuk mendapatkan pahala dengan cara bersabar, ada saat untuk mengingat nikmat, dan ada harapan untuk mendapatkan ganjaran.

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka, kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.

    Sukses selalu

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

  10. Semoga kita senantiasa dilindungi oleh Allah swt

  11. Semoga kita semua selalu di lindungi Allah Swt….

  12. sentilan.. azab.. apapun itu renungi dan ambil hikmahnya :peace:

  13. Semoga kita semua termasuk orang yang Pandai dalam mengambil hikmah dari setiap peristiwa. salah satunya berbagai bencana yang kini telah menimpa negeri kita. Dengan ini kita akan tambah sabar dan berlapang dada dengan keputusan yang Allah Subhanahu Wata’ala berikan.

  14. Ini menunjukkan beapa Tuhan Maha Kuasa
    dan manusia harus mengerti hakikatnya tercipta 🙂

  15. Salah seorang pentolan JIL, jaringan islam liberal, malah berpendapat bahwa “…bencana ini jangan disangkutpautkan dengan hukuman Tuhan, ini hanya bencana alam biasa…”
    Walah walah…. 🙁

  16. Semoga kita semua menjadi lebih mendekatkan dengan Allah SWT.

  17. Ada Sebab Ada Akibat, mungkin ini salah satu teguran terberat/terdahsyat yang di buat oleh Allah agar bangsa ini (indonesia) pada umumnya bahwa harus lebih meningkatkan ketaqwaan yang mungkin di zaman sekarang ini sudah mulai terkikis.. pernah saya mendengar enath itu dari hadits/Quran, yang initinya Allah akan memerikan kebahagian kepada suatau kaum bila kaum itu selalu dalam keadaan cinta damai, berakhlak yang baik dll.. (wallahu ‘alam).

  18. Hanya Tuhan tahu penderitaan HambaNya.

Leave a Reply