Seberapa kuat kita mengatur kekuatan

Orang yang kuat adalah…. Tunggu. Biar kutebak.

Kamu mungkin berpikir bahwa orang yang kuat adalah mereka yang mengoptimalkan ototnya sehingga dapat mengangkat suatu benda atau mendorongnya. Atau mereka yang melumpuhkan lawan dengan sekali tinju.

Secara harfiah memang orang seperti itu dikatakan kuat. Kuat secara fisik.

Sore ini, seorang tua bicara denganku sembari menunggu hujan reda. Ia bertutur banyak soal kemanusiaan. Soal bagaimana manusia mempergunakan kekuatan dan kekuasaan, salah satunya.

Kekuatan fisik seringkali menjadi modal utama untuk mengalahkan lawan. Pembantaian saudara-saudara kita di belahan bumi lain tak akan terjadi jika saja kekuatan mereka tidak lebih besar satu sama lain.

Atau tentang kekuasaan yang diamanahkan, justru disalahgunakan untuk menguntungkan diri sendiri. Ya, kadang orang-orang yang kita pilih untuk jadi pemimpin justru menyeleweng.

Saya jadi ingat kakek mengajariku berpuasa bukan untuk mendapat hadiah dari Tuhan, ia mengajarku puasa untuk mengatur seberapa kuat dapat mengatur kekuatan.

2 Comments

Add yours →

  1. Keren template hasil karyanya. Biar saya download dulu nanti kalau ada blog baru langsung dipasang.

    Simple tapi wow banget.

    Oia terus ngilangin gradasi warna putih di Sampul gambarnya gimana ya? tapi kok punya mas bisa gak ada gradasi warnanya saat di tarik ke bawah hehe

Leave a Reply