Ini adalah tulisan pertama yang saya terbitkan menggunakan WordPress untuk Android.  Sebenarnya ini bukan sesuatu yang baru karena WordPress telah meluncurkan aplikasi ini sudah sejak beberapa waktu lalu. Namun saya baru berkesempatan menggunakan aplikasi ini untuk menerbitkan artikel.

Wordpress for Android

Wordpress for Android

Sebelumnya aplikasi ini hanya saya gunakan untuk memantau komentar-komentar yang masuk ke blog. Karena terlalu ribet jika harus membuka laptop hanya untuk meng-approve satu atau beberapa komentar. Beberapa kali saya coba menulis artikel menggunakan ponsel Android saya. Tapi, selalu tersimpan sebagai draft karena saya merasa tidak nyaman menulis banyak menggunakan gadget berukuran kecil.

“Menulis hanya menggunakan jempol itu sungguh tidak nyaman, terlebih jika tulisannya panjang.”

 

Kenyamanan dalam menulis tetap saya rasakan jika menggunakan laptop, bukan ponsel. Menulis hanya menggunakan jempol itu sungguh tidak nyaman, terlebih jika tulisannya panjang.

Untuk dapat menerbitkan tulisan menggunakan aplikasi ini jangan lupa mengatur XML-RPC pada Remote Publishing. Beri tanda centang pada Enable the WordPress, Movable Type, MetaWeblog and Blogger XML-RPC publishing protocols

 

Remote Publishing WordPress

Remote Publishing WordPress

 

Terdapat 4 fitur utama ketika membuat sebuah tulisan dengan aplikasi ini. Pertama adalah Post Content, yang berisi judul dan isi pos serta format penulisan (tebal, miring, garis tengah, tautan dan block quote).  Yang kedua adalah Media untuk menambahkan gambar.  Yang ketiga adalah Tags & Catagories. Dan yang terakhir adalah Settings untuk mengatur apakah tulisan yang dibuat akan langsung diterbitkan, draft, pending review atau private.

WordPress for Android

WordPress for Android

 

Well, secara umum saya  sangat terbantu dengan adanya aplikasi WordPress untuk Android. Saya bisa memantau komentar yang masuk ke blog kapanpun tanpa harus membuka laptop.

Bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk mencoba?