Menulis Itu Penting

Tidak hanya membaca saja yang dianggap penting itu. Menulis juga ternyata adalah satu hal penting. Membaca dan menulis itu sama-sama dapat menambah wawasan. Banyak manfaat yang kita dapat dari menulis, selain tujuan utamanya adalah agar orang lain mengerti tentang apa yang ada dalam pikiran kita. Menulis dapat melatih kita untuk dapat mengungkapkan suatu hal atau permasalahan dengan lebih baik.

Saya sendiri menulis terkadang tidak mempedulikan apakah tulisan saya nantinya akan dibaca orang atau tidak. Loh, padahal kan tujuan utama menulis agar dapat dibaca oleh orang lain? Ya, memang seperti itu. Namun saya lebih banyak menulis agar “isi” di kepala saya sedikit berkurang. Masalah nantinya akan dibaca atau tidak  itu urusan belakangan, yang penting “sesuatu” pengganjal di kepala saya itu bisa keluar. Namun tidak sedikit juga saya “memaksa” agar tulisan saya itu dibaca dan isi dalam tulisan saya itu dapat tersampaikan dengan efektif dan efisien. Walaupun kadang saya juga tidak mematuhi EYD.

Saya sering blogwalking dan menemukan hal-hal baru di sana. Anggapan bahwa tulisan blog anak muda  tidak bermutu itu adalah  salah besar. Memang sebagian besar dari mereka lebih sering menuliskan perasaan hati mereka yang senang ataupun sedih soal urusan cinta. Itulah yang saya rasa adalah kelebihan dari tulisan-tulisan mereka. Mencoba mengungkapkan dengan jujur meski kadang melebih-lebihkan. 🙂

Dari tulisan-tulisan yang menggambarkan kebebesan berekspresi itulah yang nantinya akan mendidik mereka untuk dapat mngkritisi hal-hal di sekitar mereka yang dianggap tidak sesuai dengan nilai yang terkandung dalam kehidupan.

14 Comments

Add yours →

  1. tulisan bisa kita jadikan media untuk meluapkan emosi

  2. ah….gw gak suka nulis
    tp gw seneng lo ternyata bnyk dr temen2 qt yg seneng nulis.

  3. ingat kta SBY…LANJUTKAN…wkwkwk..
    n jangan lupa kta D’Masiv…Jangan Menyerah..

  4. Lagi belajar ‘menulis’ nih… mampir ya…

  5. dgn menulis bisa menuangkan apa yg ada di pikiran

  6. selamat pagi.

    sebenarnya sih lebih tepat dibilang mengketik blog,
    bukan menulis blog. hehe.

    tapi tulisanmu bagus, bung.

    btw, ini blog desainnya bikinanmu sendiri ya??
    hebat, saya masih belum bisa desain web sendiri,
    terpaksa mengakali theme di wordpress biar kelihatan lebih keren.

    terima kasih dan mohon maaf 😮

Leave a Reply