Mendaki Gunung Andong

Akhir pekan ini saya gunakan untuk mendaki gunung Andong. Gunung kecil yang terletak di kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, dengan ketinggian sekitar 1.726 mdpl.

Memang jika dibandingkan dengan gunung Merbabu yang berada di sebelah timur, ketinggian gunung Andong jauh dibawahnya. Meski terbilang pendek, namun gunung ini mempunyai pesona yang tidak kalah dengan gunung-gunung sekitarnya.

Kami berangkat dari rumah usai maghrib. Sebenarnya jarak rumah dengan basecamp bisa ditempuh dengan waktu 1 jam-an. Karena ada insiden kecil di jalan dan ketidaktahuan lokasi mengakibatkan tiba di basecamp jam 22.30. Selain itu hujan yang mengguyur memaksa kami untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan.

Usai sholat Isya’ dan istirahat secukupnya, kami mulai pendakian. Cahaya bulan yang nyaris bulat sempurna cukup membantu kami menjejaki track yang telah tersusun anak tangga dengan rapi. Hingga setelah pos 2 terlewati, track bebatuan dengan jurang di sisi kiri mulai nampak. Bahkan dengan adanya air di bebatuan yang bercampur dengan tanah mengakibatkan track menjadi licin. Kamu mesti tetap hati-hati saat melewati track ini.

Kelap-kelip lampu di lereng Merapi dan Merbabu begitu indah terlihat dari jalur pendakian gunung Andong.

Pukul 00.30 dini hari kami tiba di puncak yang telah sesak oleh tenda-tenda pendaki. Pemandangan yang super indah makin terlihat sejauh 360 derajat. Lereng gunung Merbabu, gunung Merapi, gunung Sumbing, gunung Sindoro yang cantik dengan kelap-kelipya. Jarak kami dengan rembulan yang bersinar terang pun kian dekat.

Kabut Gunung Andong

Kabut Gunung Andong

Sekitar 2 jam lama pendakian kami kali ini. Setelah cukup istirahat di puncak, segera kami mendirikan tenda. Hembusan angin cukup membuat badan menggigil.

Gunung Andong bersama kawan-kawan

Gunung Andong bersama kawan-kawan

Camping Gunung Andong

Camping Gunung Andong

Dan ketika pagi menjelang gelap pun tersibak. Gunung-gunung sekitar yang menyembul makin mempesona. Kau tahu, saya merasa begitu kecil berada di puncak ini.

Sesaat setelah matahari muncul, pelangi pun lambat namun pasti mulai menampakkan wujudnya. Betapa indah suguhan semesta untuk kamu pagi ini.

Well, gunung Andong memang cocok untuk pendaki pemula dengan ketinggian dan track yang tidak begitu berat. Jadi, kapan kamu akan kesini?

3 Comments

Add yours →

  1. Saya selalu takjub dab iri tiap lihat postingan anak-anak gunung, kapan ya saya bisa naik gunung juga, hehehe.. biar bisa ikutan menyatu dengan alam juga seperi Naruto dalam mode Sanin LOL

  2. Mendirikan tendanya di puncaknya, apa yang dekat makam bang?

Leave a Reply