Memulai sebuah kehidupan sebenarnya tidak sulit. Terlahir lalu tiba-tiba berada di dunia ini? Yang sulit adalah bagaimana memulai kehidupan agar bermakna baik. Saya mulai memikirkan masa depan. Saya ingin jadi manusia yang baik. Tentu setiap orang inginkan itu.

Kuliah buat saya tidak sepenuhnya belajar di kelas, mendengarkan pelajaran dari dosen atau mengerjakan tugas-tugas makalah yang selanjutnya akan membuang banyak kertas. Sebenarnya saya lebih senang mengerjakan tugas lalu mengumpulkannya via email. Satu waktu seorang dosen berkata bahwa menulis dengan tangan pada lembar kertas paling tidak membuat mahasiswa akan membaca dan memahami esensi dari tugas itu.

Kuliah di kampus hanya 40%, berorganisasi 20% dan mencari pengalaman kerja 40%. Persentase itu saya ambil secara garis besar. Intinya adalah dari saat ini saya sudah harus mencari pengalaman kerja yang nantinya akan menjadi sesuatu yang berarti.

Memulai dengan menerima beberapa proyek dari teman. Membuat website, logo, banner dan apapun itu dapat menjadi pengalaman.

Saya jadi ingat sebuah iklan TV susu balita.

Let’s call on the curious and bring on the hope. Life starts here.

Jadi, sudah mulai membuat hidupmu berarti?