Jumat kemarin ada perbincangan tentang kantor yang ideal dengan kawan saat makan siang.

Memang, untuk area perkantoran industri kreatif di Jogja saat ini bisa dibilang masih sangat jarang. Pacific Building di Jalan Solo itu salah satu yang cukup mencolok. Sejumlah industri kreatif atau startup lebih banyak menyewa bangunan perumahan sebagai basecamp.

Bicara soal kantor ideal, bagi saya sebenarnya untuk saat ini bukan gedung yang mewah di tengah keramain kota. Sebab dengan posisi sebagai Web Developer, yang mana bisa mengerjakan task dari mana saja, saya lebih senang berada di pedesaan yang sejuk dan jauh dari keramaian. Dan yang pasti ada jaringan internet.

Tapi benar, sekali waktu saya coba mengerjakan task di area persawahan dekat rumah. Kicauan burung-burung dan semilir angin alam itu memberikan nuansa berbeda. Beruntung area rumah terjangkau operator seluler  Tri dan Smartfren, jadi untuk urusan koneksi tidak ada masalah.

Efek positif dari sisi psikologis dan psikis juga saya rasa lebih banyak bila sekali duakali bekerja di alam terbuka. Selain itu juga menghemat biaya listrik untuk lampu dan AC, tho?

Jadi kepikiran untuk membangun co-working space di area Borobudur seperti Hubud di Bali.