Jalan kaki itu menyehatkan. Sepasang kaki yang sehat tentu akan semakin menyehatkan jika digunakan untuk berjalan dengan semestinya. Tuhan tidak menciptakan sesuatu yang sia-sia. Segalanya telah terkonsep dengan baik.

“…Semakin tidak digunakan akan semakin menurunkan fungsinya. Saya tidak ingin itu terjadi…”

Sudah seminggu ini saya tidak naik kendaraan ke kampus. Saya berjalan kaki menyeberangi jalan raya untuk sampai di kampus. Memang jarak yang saya tempuh tidak jauh. Saya mesti putar balik untuk sampai di kampus jika mengendarai kendaraan. Untuk itu saya putuskan jalan kaki agar tidak banyak membuang waktu. Selain itu juga untuk menghemat bahan bakar minyak. Fiuh, persediaan minyak bumi semakin menipis.

Menggerakkan kaki juga otot-ototnya agar tidak dimanjakan oleh nyamannya kendaraan. Saya pikir otot yang jarang digunakan akan ‘kaget’ ketika dipaksa bekerja. Semakin tidak digunakan akan semakin menurunkan fungsinya. Saya tidak ingin itu terjadi.

Ketika SMA saya sering jalan kaki berangkat dan pulang sekolah. Sekarang saya harus membiasakannya kembali. Bergerak bergerak bergerak! 🙂