Gara-gara KTP hilang

Dua orang laki-laki semalam datang ke rumah saat saya  mengetik naskah cerita milik seorang teman. Mereka mengaku dari Secang, Magelang. Saya agak kaget saat salah satu dari mereka menunjukkan KTP saya yang hilang beberapa waktu yang lalu. Kenapa KTP itu bisa ada padanya.

Dia (Bambang) bilang bahwa ada orang yang membeli bensin 3 liter beberapa bulan lalu di warungnya. Karena tidak membawa uang, pembeli pun meninggalkan KTP dan STNK. Bambang sempat bertanya kenapa foto KTP nya bukan foto si pembeli. Pembeli bilang bahwa KTP itu milik temannya yang sedang menungu di seberang jalan.

Ini pengalaman yang berarti sekali bagi saya, agar untuk lebih hati-hati dalam menjaga segala identitas. Karena jika sebuah KTP saja (yang saya buat dengan membayar Rp. 5.000) hilang, dan ditemukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, kita juga yang akan mendapatkan kerugian. Untung saja KTP saya hanya digunakan untuk “hutang” bensin, seandainya digukan untuk hal-hal yang kriminal tentu akan sangat merepotkan.

Image074

gambar di atas adalah KTP yang pernah hilang

Image070

gambar di atas adalah KTP yang sekarang

Saya sangat berterima kasih kepada Bambang karena telah jauh-jauh dari Secang datang ke rumah saya mengembalikan KTP yang hilang walaupun kedatangannya untuk memastikan pemilik KTP itu . Saya doakan semoga orang yang telah menggunakan KTP saya untuk hal yang tidak semestinya sadar dan segera minta maaf  kepada Bambang.

Dari kejadian ini bisa saya ambil hikmahnya, bahwa saya harus lebih hati-hati menjaga apapun yang berhubungan dengan identitas saya. Saat ini saya jadi memiliki  2 KTP yang masih berlaku karena pada saat KTP pertama saya hilang saya kemudian membuatnya lagi. KTP saya yang pertama saya kira “ketlingsut” di tumpukan buku-buku saya, tapi ternyata hilang di luar rumah dan parahnya digunakan oleh orang “jahat” untuk “jaminan”. Ya sudah, ada hikmah di balik ini semua.

2 Comments

Add yours →

  1. sajakke bambang ie seneng mbek mas kuwi……

Leave a Reply