Awal masuk kuliah saya pikir ilmu komputer itu hanya sebatas satu bidang ‘Ilmu Komputer’ saja. Setelah dua semester menjalani baru ngeh ternyata ilmu komputer itu ‘ga cuma’ satu bidang. Ada tiga pokok utama dalam ilmu komputer, Programming, Networking dan Multimedia.

“…Jika sebelumnya lebih ke Front End dan Interface Designer kali ini berurusan dengan Database…”

Masuk semester empat saya harus menentukan salah satu dari ketiga pilihan konsentrasi. Sempat dilema karena ketiganya saling berkaitan. Bayangkan, di era 2011 sekarang ini ilmu pemrograman, jaringan komputer dan multimedia saling terikat satu sama lain. Maksud saya sangat sulit jika berdiri sendiri-sendiri karena zaman komputerisasi saat ini menuntut untuk mampu menggabungkan ketiga paket tersebut.

Dilema karena saya menyukai ketiganya. Terlebih terhadap multimedia dan pemrograman. Nilai A untuk mata kuliah Komputer Grafis dan Multimedia bahkan memperberat dilema saya. Sempat kepikiran untuk mengambil konsentrasi Multimedia.

Tapi tunggu, pemrograman juga menjadi minat saya yang lain. Setelah bertanya kepada beberapa teman akhirnya saya fokus pada pemrograman! Tentunya kali sudah dengan sepenuh hati.

Well, karena konsentrasi saya pada pemrograman bukan berarti saya mengacuhkan Networking dan Multimedia. Hanya saja porsi belajar saya lebih besar untuk pemrograman dibanding dua lainnya.

Berfokuslah pada satu hal yang benar-benar kamu anggap tepat. Paling tidak satu keahlian harus sudah dimiliki. Tetap semangat!