finder download

finder download

Salah satu kebiasaan buruk yang saya miliki adalah tidak segera merapikan folder Download usai mengunduh sesuatu dari internet. Akibatnya berkas-berkas yang ada di dalamnya menumpuk dan sering kali kesulitan mencari file yang saya ingini.

Idealnya, saya rapikan berkas yang telah saya download itu begitu prosesnya selesai. Lalu memindahkannya ke dalam folder sesuai kategori file yang saya buat. Nyatanya tak berjalan semulus itu. Begitu proses download selesai, lalu saya buka file itu, dan ketika urusan dengan file itu kelar saya tak langsung menghapus atau memindahkannya.

Ada dua jenis file dalam pembagian saya secara umum; long-term dan temporary.

File long-term adalah file yang perlu saya simpan untuk beberapa lama. Misal, aset foto, audio, Skecth, PSD. Yang mana file-file tersebut ada kemungkinan besar akan saya buka lagi.

Temporary biasanya adalah file master aplikasi, yang mana ketika selesai install aplikasi itu maka tidak saya perlukan lagi.

Sama halnya ketika saya membaca atau mendengar informasi dari Facebook, TV, omongan orang atau dari manapun. Memilah-milih apa yang mesti saya simpan atau buang juga butuh  effort.

Terlebih makin pesatnya sebaran informasi dewasa ini hingga apapun bisa kamu download ke dalam otak jika mau.

Pandai-pandailah mengunduh informasi atau segera bereskan folder dalam otakmu. Simpan atau segera hapus jika memang harus.