Bahasa Jawa Itu Unik

Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan oleh suku Jawa untuk berkomunikasi antar individu. Bahasa Jawa umumnya digunakan di pulau Jawa. Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang paling ketara menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi. Sedangkan Jawa Barat lebih didominasi oleh bahasa Sunda.

“…Mereka menyebar ke seluruh Nusantara bahkan sampai Suriname…”

Suku Jawa sebenarnya tidak hanya di pulau Jawa. Mereka menyebar ke seluruh Nusantara bahkan sampai Suriname. Suku Jawa yang menyebar ke segala penjuru itu membawa Bahasa Jawa yang kemudian menjadi bahasa komunikasi mereka sehari-hari.

Well, saya juga asli keturunan Jawa. Lahir dan besar di Magelang. Ada beberapa kata dalam Bahasa Jawa sebagai penekanan tertentu untuk menunjukkan keterangan “sangat”. Kata-kata tersebut berubah pengucapannya. Cara penakanan yang tidak saya jumpai dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Abang (merah)    -> Abing

Ijo (hijau)      -> Iju

Dawa (panjang)   -> Dowu

Cedak (dekat)    -> Cedik

Adoh (jauh)      -> Aduh

Panas (panas)    -> Panis

Umumnya perubahan vokal terjadi pada karakter huruf vokal terakhir. Yah, meskipun tidak semua daerah dengan suku Jawa memberlakukan aturan ini. Karena bahasa juga dipengaruhi oleh keadaan geografis.Β Oleh karena itu dialek Jawa pun mungkin berbeda tiap daerahnya.

Itu yang saya dapati di Desa Mendut Magelang, salah satu tempat suku Jawa berada sekarang. Karena itulah saya menyebut Bahasa Jawa itu unik. πŸ™‚

 

 

12 Comments

Add yours →

  1. setiap bahasa sesungguhnya unik..
    saya sendiri keturunan Jawa. sayang sekali, saya termasuk keturunan Jawa yang tidak bisa berbahasa Jawa, ‘Jawa murtad’ katanya. Well, meskipun lahir dan besar di kota. dan meskipun sempat tidak menyukai bahasa Jawa, namun saya yakin nantinya akan kembali tinggal di pelataran daerah yang berbahasa Jawa suatu hari nanti. karena sepertinya saya ‘kualat’, hehe. bukan kualat sih tepatnya, sepertinya saya sudah bosan tinggal di kota yang macet sesak panas. saya rindu kota yang memiliki kesederhanaan bukan hanya kotanya tapi juga orangnya dan bahasanya. πŸ˜‰

    salam..

  2. saking unik nya, orang-orang jawa lupa bagaimana berbahasa indonesia…*pengalaman pribadi waktu survey di purwodadi…hahahaha

  3. Tentang penekanan dalam bahasa, Koes Plus bahkan mengabadikannya dalam sebuah lagu. BTW, theme-nya keren πŸ˜‰

  4. Saya orang jawa, tapi gak bisa basa jawa. Maklum lahir dan tinggal di sumetera. Saya pengen banget bisa bahasa jawa πŸ˜€ Mudah2an tahun depan udah bisa bahasa jawa, soalnya kuliah pengennya di surabaya, jadi ya pasti ntar bisa bahasa jawa :p

  5. Kalo saya? Jawanya jawa Suroboyoan. πŸ˜†
    Saya bangga meskipun gak bisa basa krama (bahasa halusnya). πŸ˜‰

    Mas Arif dari Magelang? Sama kayak Mas Jier dong. πŸ˜€

  6. Pernah tinggal di Solo tidak sukses menjadikan saya jago berbahasa Jawa πŸ˜€

  7. analisa sederhana yg masuk akal :D, klo saya asli purworejo mas, tetanggan, satu karisidenan kedu,he3. sayangnya klo bahasa jawa, eh maksudnya aksara jawa sekarang minim yg melestarikan jhe,hiks

Leave a Reply